Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan pendekatan interdisiplinaritas di SMP Bojong Gede Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan berusaha mengungkap pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial secara interdisiplinaritas dengan cara wawancara, observasi, pengumpulan dokumentasi dan tinjauan pustaka. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS dengan pendekatan interdisiplinaritas terdiri dari tiga aspek, pertama perencanaan pembelajaran, kedua pelaksanaan pembelajaran dan ketiga evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan, langkah-langah yang ditempuh yaitu; 1) mengkaji dan menganalisis standar kpemtensi/ kompetensi inti dan kompetensi dasar, 2) menetapkan tema, 3) melakukan pemetaan kompetensi dasar dan indikator pencapain materi, 4) membuat jaringan tema, 4) menyusun silabus tematik dan 5) menyusun RPP tematik. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran IPS dengan pendekatan interdisiplinaritas dapat dilakukan  dengan cara meyampaikan materi secara terpadu berdasarkan tema yang telah ditetapkan. Pemilihan tema dalam pendekatan interdisiplinaritas dapat dilakukan dengan menganalisis kompetensi dasar, kemudian menentukan tema dengan berdasarkan topik utama, berdasarkan potensi utama dan berdasarkan permasalahan, sehingga batas-batas antara disiplin ilmu yang satu dengan lainnya menjadi tidak tampak dan terwujud adanya interdisiplinaritas antar ilmu sosial. Pada tahap evaluasi pembelajaran IPS dengan interdisiplinaritas adalah dengan mengukur indikator pencapaian kompetensi yang  mencakup tiga aspek ranah/dimensi, sesuai dengan tujuan IPS, yaitu aspek pengetahuan (knowledge); keterampilan (skill); dan nilai-nilai (value).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019