JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 2, No 2 (2018): JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

Penerapan Metode Ekspository Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA

Raden Sumiadi (STKIP Hamzar)
Suhaemi Suhaemi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Ekspository learning di SD Negeri I Genggelang. Desain penelitian menggunakan desain tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Tahap perencanaan adalah tahap persiapan komponen yang mendukung pembelajaran  di kelas seperti menyusun RPP, menentukan metode yang tepat, dan menyusun instrumen penilaian. Tahap pelaksanaan adalah tahap dimana peneliti menerapakan RPP, media, dan instrumen penilaian yang telah dibuat pada tahap perencanaan. Tahap observasi merupakan tahapan proses mengamati pelksanaan pembelajaran. Objek pengamatan adalah peneliti dan siswa. Tahap refleksi adalah tahapan peneliti dalam mengevaluasi kekurangan proses pembelajaran sebagai bahan kajian untuk menyempurnaakan pembelajaran ditahap berikutnya. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan wawancara, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan rumus ketuntasan individu dan klasikal. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar yang siswa pada siklus I dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 14 orang (77,8%) dan yang tidak tuntas 4 orang (22,2%), nilai rata-rata 70,28. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa tuntas 16 orang (88,9%) dan yang tidak tuntas 2 orang (11,1%) dengan nilai rata-rata 73,89. Sehingga dalam penelitian ini, metode Ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 73,89 pada siklus II atau ada peningkatan 11,1%

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...