Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 3, No 2 (2018): Bioedusiana

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA

Neneng Erna (SMP Islam Nurussalam, Kp Madewangi No. 17 Setiamulya Kec. Tamansari Tasikmalaya - 46196)
Egi Nuryadin (Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2012 sampai dengan bulan Maret 2013 SMA Negeri 1 Manonjaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experiment. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Manonjaya tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 5 kelas dan sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan IPA 2 yang diambil dengan cara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa pada konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Tes ini berupa pilihan ganda dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe coperative integrated reading and composition terhadap hasil belajar peserta didik pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Penelitian yang selanjutnya, peneliti harus melakukan inovasi agar model pambalajaran kooperatif tipe  cooperative integrated reading and composition ini lebih optimal dan menarik bagi peserta didik dalam memahami istilah-istilah pelajaran biologi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...