Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 3, No 2 (2018): Bioedusiana

PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP PEMANASAN GLOBAL

Heldi Aristiadi (SMPN 3 Cipatujah, Jl. Raya Ciheras No. 1 Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya 46189 Jawa Barat)
Rinaldi Rizal Putra (Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis proyek terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep pemanasan global di Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan April 2018 di SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperiment dengan populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya, sebanyak 10 kelas dengan jumlah siswa 320 orang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VII-D yang dijadikan kelas kontrol dan kelas VII-E yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berjumlah 38 butir soal yang berbentuk pilihan ganda dengan empat option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji t deskriptif dengan taraf signifikan (α) = 5%.Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan, dan analisis data, menunjukan terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis proyek terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep pemanasan global di Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...