Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 3, No 1 (2018): Bioedusiana

KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI TUMBUHAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS MAJALENGKA SEBAGAI KOMPETENSI MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN

Muhamad Kurnia Sugandi (Prodi Pendidikan Biologi Universitas Majalengka, Jl. K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
13 May 2020

Abstract

Masalah pokok dalam peneltian ini adalah menganalisis keterampilan mahasiswa pendidikan biologi dalam mengidentifikasi tumbuhan sebagai kompetensi matakuliah Morfologi Tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah kemampuan mahasiswa dalam mencari spesimen yang ditemukan berdasarkan kelompok yang berbeda yaitu kelompok tiga yang pencapaian sangat tinggi sekitar 33,3 %, kelompok satu 26,6% dan 22,8% untuk mahasiswa kelompok dua. Sedangkan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan indikator bahwa kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan indikator yang dicapai hanya ada mahasiswa terlihat mampu dalam indikator mengamati ciri-ciri spesimen tumbuhan sedangkan indikator lainnya belum mencapai hasil yang maksimal. Mahasiswa kelompok satu dan kelompok tiga yang mampu mencapai hasil maksimal yaitu rata-rata skor 2,8 (kategori baik) sedangkan indikator yang lainnya tidak mencapai hasil yang maksimal (tidak baik) yaitu rata-rata skor 2,1-2,6..

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...