Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 1, No 1 (2016): Bioedusiana

Pengaruh Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik

Dani Ramdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multi media pembelajaran interkatif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada subkonsep dampak kerusakan lingkungan di kelas VII MTs Negeri Cikatomas.Metode penelitian ini adalah metode true-eksperiment yang menggunakan rancangan Pottest-Only Control Design dengan populasi seluruh kelas VII MTs Negeri Cikatomas dengan sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VIIE  sebanyak 39 orang dan kelas VIIB sebanyak 39 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan posttest untuk memperoleh data hasil belajar kognitif siswa dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan taraf signifikan (α) = 5%.Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh multimedia pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar kognitif karena nilai sig. hasil belajar kognitif peserta didik 0.790 yang berarti HO ditolak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran interaktif memebrikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada subkonsep dampak kerusakan lingkungan di kelas VII MTs Negeri Cikatomas.multimedia pembelajaran interaktif, hasil belajar kognitif, dan dampak kerusakan lingkungan 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...