Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 3, No 2 (2018): Bioedusiana

PENGARUH PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR

Romy Faisal Mustofa (Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Kelas X MIA SMA Negeri 3 Ciamis pada materi bryophyta dan pterydhophyta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai dengan bulan Januari 2018 di SMA Negeri 3 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Negeri 3 Ciamis sebanyak 5 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang dilakukan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi bryophyta dan pterydhophyta. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji ancova. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Kelas X MIA SMA Negeri 3 Ciamis pada materi bryophyta dan pterydhophyta.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...