Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 2, No 1 (2017): Bioedusiana

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN BANTUAN MEDIA POWERPOINT PADA KONSEP EKOSISTEM

Diki Muhamad Chaidir (Unknown)
Endang Surahman (Unknown)
Siti Kamisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions dengan bantuan media powerpoint pada konsep ekosistem. Dengan jumlah siswa sebanyak 44 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan model spiral sebanyak 3 siklus. Setiap siklus dilakukan tindakan sesuai dengan skenario pembelajaran dan untuk siklus selanjutnya berpedoman dari hasil refleksi siklus sebelumnya. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen berupa lembar observasi, tes hasil belajar dan pedoman wawancara. Berdasarkan analisa dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III. Tes awal siklus I mempunyai skor rata-rata 5,73, tes awal siklus II mempunyai skor rata-rata 7,30 dan tes awal siklus III 7,68. Setelah siswa mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions dengan bantuan media powerpoint. tes akhir siklus I memiliki skor rata-rata 8,82, tes akhir siklus II memiliki skor rata-rata 9,30 dan tes akhir siklus III memiliki skor rata-rata 9,41. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions dengan bantuan media powerpoint pada konsep ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Tasikmalaya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...