Hasta Wiyata
Vol. 1 No. 2 (2018)

KONDISI BUKU BAHASA INDONESIA KELAS X : SEBUAH TINJAUAN SISTEMATIS

Mutiarazani, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Materi pembelajaran merupakan salah satu dari tiga kelompok besar fasilitas belajar. Materi pembelajaran disampaikan melalui alat peraga dan buku teks pembelajaran. Ada komponen-komponen dasar yang harus dipenuhi agar buku teks dapat menunjang pembelajaran dengan baik, yakni (1) kelayakan isi, (2) kelayakan penyajian, (3) kelayakan keterbacaan, (4) kelayakan kegrafikaan, dan (5) kelayakan keamanan. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang belum memenuhi kriteria tersebut. Untuk memperbaiki buku teks yang kurang sesuai dengan kriteria, ada empat upaya, yakni (1) motivasi atau kemauan guru mata pelajaran untuk menulis buku teks pelajaran, (2) perlu upaya guru untuk mengadaptasi isi buku teks berdasarkan kemampuan dan kebutuhan siswa, (3) penyusun buku teks harus memegang kunci utama dari kurikulum 2013 seperti pendekatan yang digunakan, materi yang disajikan, literasi, porsi sastra serta bahasa, dan (4) jika pemerintah memang menginginkan untuk membuat buku teks bagi seluruh siswa di Indonesia, sebaiknya membuat tiga versi buku disesuaikan dengan  wilayah di Indonesia  agar lebih tepat sasaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

hastawiyata

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Hasta Wiyata adalah nama jurnal yang diterbitkan oleh program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Kedua istilah tersebut berasal dari bahasa Sanskerta, “hasta” berarti tangan dan “wiyata” berarti pengajaran. Jurnal ini bergerak dalam ...