UPEJ Unnes Physics Education Journal
Vol 5 No 2 (2016)

KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN PADA PENGUASAAN KONSEP DAN KINERJA SISWA SMA

Fitrianingrum, Aufa Maulida (Unknown)
Sarwi, Sarwi (Unknown)
Astuti, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas pembelajaran project based learning berbasis eksperimen pada penguasaan konsep dan kinerja siswa pada materi keseimbangan benda tegar. Metode penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Penguasaan konsep diukur menggunakan instrumen tes dengan model three-tier test. Kinerja siswa diukur selama dan setelah proses pembelajaran menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji gain dan uji t satu sampel. Peningkatan penguasaan konsep siswa menghasilkan faktor gain sebesar 0,708 dengan kriteria tinggi. Uji gain kinerja siswa pertemuan 1 – 3 menghasilkan faktor gain sebesar 0,47 dengan kriteria sedang. Hasil uji t menunjukkan  sebesar 5.31 lebih dari  yaitu 2,03 sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan project based learning berbasis eksperimen efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kinerja siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

upej

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Unnes Physics Education Journal aims to publish results of empirical studies, theoretical studies, and conceptual analysis in the fields of education phylosophy and theory, physics education, development of physics learning instruments, physics learning media, experiments activity development in the ...