JURNAL PENELITIAN
Vol 5 No 1: Mei 2008

KEUNGGULAN MADRASAH SEBAGAI INSTITUSI PENDIDIKAN

Zaeni, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2013

Abstract

Dalam sejarahnya, sebagai institusi pendidikan, pesantren dan madrasah mendapat rintangan besar dari kaum penjajah. Ketidaksukaan pemerintah Kolonial Belanda terhadap pesantren dan madrasah pada hakikatnya terletak pada proses pembelajaran yang mengarah pada pembentukan kepribadian muslim, dimana salah satu gejala kepribadian muslim adalah tertanamnya jiwa patriotisme wathaniyah dan diniyah. Karena itu, pesantren dan madrasah menjadi institusi pendidikan Islam yang berbahaya bagi kelangsungan daerah jajahan. Tak heran pula, institusi pendidikan Islam semacam pesantren dan madrasah selalu mendapat perlakukan diskriminatif dari kaum penjajah bahkan masih terasa hingga kini. Padahal, harus diakui, peranan pesantren dan madrasah  telah nyata-nyata memberikan kontribusi besar bagi bangsa Indonesia.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

Penelitian

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL PENELITIAN is a peer-reviewed journal published by LP2M IAIN Pekalongan with print-ISSN: 1829-9903 and online-ISSN: 2541-6944 Jurnal Penelitian is a religious studies journal containing research results from various aspects of discipline, religion, social, education, law, economy, politics, ...