Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol 1 No 1 (2015): November

Penggunaan Model Method untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Sekolah Dasar

Handayani, Isnaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pengaruh pembelajaran model method terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. Desain penelitian ini adalah pretest and posttest control group design. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran model method dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematik, dan lembar observasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Kotamadya Jakarta Utara dengan sampel penelitian SD Negeri Tugu Utara 07 Pagi sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak sederhana. Analisis data dilakukan secara kuantitatif, yaitu terhadap data pretes dan gain ternormalisasi kemampuan pemecahan masalah matematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran model method lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD) or The Journal of Innovation in Elementary Education is an international, open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. JIPD publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and ...