Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol 1 No 2 (2016): June

Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik

Lestari, Indah (Unknown)
Prahmana, Rully Charitas Indra (Unknown)
Wiyanti, Wiwik (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata N-Gain kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik dan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan non-equivalent control group designyang dilaksanakan di salah satu SMP Swasta kelas VII di Tangerang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang telah valid berupa soal tes awal dan tes akhir yang berbentuk uraian dengan reliabilitas kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat perbedaan yang signifikan rata-rata N-Gain kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik dankelas yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional. Rata-rata N-Gain kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD) or The Journal of Innovation in Elementary Education is an international, open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. JIPD publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and ...