Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol 1 No 2 (2016): June

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended

Kowiyah, Kowiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan pendekatan open ended, untuk meningkatkan kemampuanrpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian dilaksanakan di SD Islam Terpadu Al-Khairaat Jakarta Timur, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang dilakukan selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika, khususnya tentang operasi hitung campuran, dengan menggunakan pendekatan open ended. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata indikator kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika pada siklus I yaitu 63.92% untuk semua indikator, meningkat pada siklus II mencapai 73.80% rata-rata indikator kemampuan berpikir kritis siswa yang tuntas.  Aktivitas guru dan siswa sesuai langkah-langkah pendekatan ini mencapai 100% (mastery learning) pada akhir siklus.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD) or The Journal of Innovation in Elementary Education is an international, open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. JIPD publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and ...