Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol 1 No 1 (2015): November

Literasi Guru Sekolah Dasar terkait Asesmen

Suciati, Rizkia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2015

Abstract

Penelitian deskriptif tentang literasi asesmen guru sekolah dasar dilakukan untuk mengetahui sejauh mana literasi asesmen dari guru-guru sekolah dasar di Bengkulu. Survei dilakukan terhadap guru sekolah dasar (n = 28) yang berasal dari 22 sekolah dasar dari 5 kecamatan se-kota bengkulu. Responden diminta melengkapi 4 pertanyaan tertutup dan 5 pertanyaan terbuka berkenaan dengan tingkat literasi asesmen, tujuan utama dari asesmen dan pemanfaatan berbagai teknik asesmen, kebutuhan akan pelatihan lanjutan dan cara-cara yang disarankannya untuk meningkatkan literasi asesmen di perguruan tinggi dan pada praktek keguruan (PPL). Guru-guru memiliki tingkat literasi yang bervariasi. Namun, tujuan sumatif masih mendominasi sebagai bentuk persepsi mereka tentang tujuan asesmen dalam pembelajaran dan sedikit yang berpendapat asesmen dilakukan untuk keperluan formatif (pengembangan) ataupun diagnostik. Guru-guru dalam sampel ini lebih menyukai menggunakan teknik asesmen komunikasi personal dan tes pilihan (responden terbatas), namun bila ada pelatihan teknik asesmen di masa mendatang mereka memilih teknik asesmen observasi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD) or The Journal of Innovation in Elementary Education is an international, open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. JIPD publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and ...