Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untukmengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa denganmenggunakan media Power Point. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XIIPA2 SMA Negeri 14 Makassar semester genap tahun pelajaran 2011/2012dengan jumlah siswa 39 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiriatas 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Data diperoleh denganmenggunakan instrumen lembar observasi untuk aktivitas belajar dan instrumentes hasil belajar untuk hasil belajar kognitif siswa. Data yang terkumpul dianalisisdengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dari siklus I kesiklus II menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dan hasil belajar siswadari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Dimana untuk hasil belajarkognitif peningkatan persentase siswa yang tuntas dari siklus I 51,28% menjadi87,18% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwamelalui penggunaan media Power Point dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar kognitif siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 14 Makassar.
Copyrights © 2015