Jurnal Biotek
Vol 3 No 1 (2015): PROSIDING SEMINAR NASIONAL 22 Desember 2015

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA KONSEP SEL DAN JARINGAN

Tri Yudha Wijayanti (Unknown)
Andi Asmawati Azis (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritissiswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada konsep seldan jaringan. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan onegroup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelasXI IPA SMA Negeri 8 Mandai tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah tiga kelasdengan jumlah 107 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik clusterrandom sampling, sehingga diperoleh kelas XI IPA 3 (N=35) sebagai kelompokeksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes essay berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis yang diukur meliputi memfokuskan pada pertanyaan, menganalisis argumen,mempertimbangkan laporan observasi, menentukan kesimpulan, dan menilai.Data penelitian dikumpulkan dengan pemberian tes sebelum dan setelahpemberian perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritissiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbingmengalami peningkatan dengan nilai n-gain 0,30 pada kategori sedang.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

biotek

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Biotek is an academic journal published by Alauddin Press Makassar in collaboration with Department of Biology Education in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. The journal accepts scholarly papers regarding of biology science, biology education, Islamic perspective of biology science, ...