JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
Vol 2, No 2 (2017): Volume 2 Number 2 September 2017

IDENTIFIKASI KECEMASAN MATEMATIKA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Sri Hartatik (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Fifi Khoirul Fitriyah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2018

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi kecemasan matematika pada mahasiswa calon guru sekolah dasar. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expose facto. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan mengacu pada standar deviasi dalam menentukan level kecemasan matematika. Hasil penelitian pada 146 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), diketahui sebanyak 32 mahasiswa (22%) berada pada level kecemasan matematika tingkat tinggi, dan 21 mahasiswa (14%) termasuk dalam kecemasan matematika tingkat rendah. Saran utama dari penelitian ini kepada peneliti selanjutnya adalah penting dirumuskan solusi atas permasalahan kecemasan matematika pada mahasiswa PGSD, mengingat mahasiswa PGSD adalah calon guru yang juga akan mengajarkan mata pelajaran matematika kepada murid-murid SD, sehingga harus terhindar dari masalah kecemasan matematika.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JBKI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is an-Opened Access journal and published twice a year every Maret and August. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of school counselling, career counselling, higher educational counselling. all finding in the ...