Jurnal Ilmiah Inovasi
Vol 15 No 2 (2015): Agustus

PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN UNTUK MENILAI KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM BERPIDATO PERSUASI (PERSUASIVE SPEECH) DI PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS, JURUSAN BAHASA, KOMUNIKASI DAN PARIWISATA POLITEKNIK NEGERI JEMBER

Enik Rukiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Kegiatan penelitian difokuskan pada pengembangan model yang berupa rubrik penilaian (scoring rubric) untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pidato persuasi ( persuasive speech ) pada mata kuliah speaking 4.  Pengembangan rubrik penilaian ini sangat diperlukan baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa. Rubrik penilaian memberikan kemudahan bagi dosen untuk memberikan penilaian atas keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas berdasarkan kreteria penilaian telah dibuat dan diketahui mahasiswa.  Bagi mahasiswa, pengembangan rubrik penilaian ini memberikan kemudahan bagi mereka untuk mempersiapkan diri dalam menyelesaiakn tugas yang diberikan kepadanya sesuai dengan kreteria yang telah ditentukan dalam rubrik penelilaian. Disamping itu, mahasiswa dapat mengetahui kelemahan dari performa mereka sebagai bahan kajian dan perbiakan unutk melakukan kegitaan berikutnya.                Pengembangan rubrik ini melibatkan beberapa pihak diantaranya pemegang kebijakan di program studi,, ahli bahasa, dosen mata kuliah bahasa Inggris dan mahasiswa program studi bahasa inggris. Semua pihak tersebut terlibat dalam pengumpuan data, analisa produk dan validasi ahli terhadap produk yang telah dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisa dan jabarkan secara deskriptif untuk menjadi dasar dalam pengembangan model.Rubrik penilaian dikembangkan dengan mengikuti model pengembangan dari Tessmer (1993). Pada model pengembangan ini, penelitian difokuskanpada 2 tahapyaitutahappreliminary dantahapformative evaluation. Tahap formative evaluationmeliputiself evaluation, prototyping (expert reviews danone-to-one, dansmall group), sertafield test. Dengan model pengembangan ini, diharapkan model penilaian yang dihasilkan benar-benar telah melalui tahapan-tahapan yang benar-benar sesuai dengan keingan dan kebutuhan serta karakter khusus dari mahasiswa sehingga dapat secara efektif  dipakai untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pidato persuasif (persuasive speech).  

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

The Journal contains the original article of the research related to the problem areas of Agricultural Production, Animal Production, Agribusiness Management, and Agricultural Technology. ...