JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia)
Vol 6, No 1 (2016)

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Nasabah Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Produk Bmt (Studi Kasus Pada Bmt Artha Barokah Yogyakarta)

Sri Giyanti (Universitas Alma Ata)
Teguh Suripto (Universitas Alma Ata)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2017

Abstract

 Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) pengaruh sikap terhadap perilaku nasabah BMT Artha Barokah, 2) pengaruh motivasi terhadap perilaku nasabah BMT Artha Barokah, 3) pengaruh kelas sosial terhadap perilaku nasabah BMT Artha Barokah, 4) pengaruh sikap, motivasi, dan kelas sosial bersama-sama terhadap perilaku nasabah BMT Artha Barokah. Analisis data menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, uji validitas dan reliabilitas digunakan dalam instrumen penelitian serta pengujian uji-t (Parsial), uji-f (serentak), uji (Identifikasi Determinasi) dan ujin Linieritas.Berdasarkan  hasil  analisis  uji  t  menunjukkan  sikap  Sikap  Nasabah  (X1)berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan T hitung adalah positif, namun t hitung < t tabel, dengan angka 1,522 <2,028.Motivasi  (X2)  berpengaruh  positif  dan  tidak  signifikan  terhadap  perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan t hitung adalah positif, namun t hitung < t tabel, dengan angka 0,692 < 2,028.Kelas Sosial (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan t hitung adalah positif, serta t hitung > t tabel dengan angka 2,703 > 2,028.Hasil   uji f, nilai Fhitung sebesar 7,711 sedangkan nilai F tabel sebesar 2,87 (Fhitung>Ftabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara variabel independen (sikap, motivasi, dan kelas sosial) terhadap perilaku nasabah.Hasil R square 0,391 yang berarti 39,1%. variabel terikat (dependen) dapat dijelaskan oleh variasi variabel bebasnya (independen), sedangkan sisanya 60,9% dijelaskan oleh variasi variabel lain diluar penelitian ini.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JESI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JESI: Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia adalah jurnal ekonomi yang memberikan kajian ekonomi syariah, lembaga keuangan syariah, dan bisnis syariah. Jurnal JESI berupaya untuk menyajikan hasil karya ilmiah, dalam bentuk tulisan yang mengulas pokok permasalahan perekonomian yang berlandaskan syariah ...