BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Vol 3 No 2 (2018): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

Implementasi E-learning Berbasis Assessment For Learning Untuk Meningkatkan Performa Belajar Mahasiswa

Ryan Ardiansyah (Universitas Siliwangi)
Dea Diella (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh implemenetasi E-learning berbasis Assessment for learning terhadap performa belajar mahasiswa. Performa belajar mahasiswa terdiri atas hasil belajar, motivasi belajar dan aktifitas (keaktifan) belajar yang meliputi aktifitas bertanya dan memberikan tanggapan dalam proses diskusi di kelas. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah metode true eksperimen. Desain yang akan digunakan yaitu posttest only control group – design. Kelompok eksperimen dan kontrol akan mendapatkan posttest. Partisipan penelitian ini adalah perwakilan mahasiswa semester 4 yang mengontrak matakuliah evaluasi dan asesmen. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal kognitif untuk menjaring data hasil belajar, angket motivasi untuk menjaring data motivasi , dan lembar observasi keaktifan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa elearning berbasis assessmen for learning (AfL) berupa pemberian feedback menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar, motivasi dan keaktifan. Perlakuan terhadap hasil belajar memiliki effect size sebesar 0.60 yang berarti sedang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

biosfer

Publisher

Subject

Education

Description

BIOSFER adalah jurnal atau terbitan berkala ilmiah yang berfungsi sebagai media publikasi gagasan, kajian dan hasil penelitian bermutu terkait biologi dan pendidikan biologi guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam bidang biologi. Sesuai dengan arti Biosfer yaitu bagian luar dari ...