Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menghasilkan sebuah produk video pembelajaran pola asuh kecerdasan moral anak dengan tujuan untuk, 1) menambah minat belajar orang tua khususnya yang tidak mengenyam pendidikan formal tentang pola asuh hingga jenjang perguruan tinggi; 2) menambah pengetahuan tentang pola asuh kecerdasan moral anak usia 4-6 tahun kepada orang tua yang tidak mengenyam pendidikan formal tentang pola asuh hingga jenjang perguruan tinggi; 3) dijadikan informasi dan referensi bagi orang tua, pendidik/penyuluh, mahasiswa dan dosen untuk memanfaatkannya dalam proses pembelajaran agar lebih efektif. Video pembelajaran ini dikemas dalam bentuk Dolby Digital Video (DVD) yang dapat dijadikan sumber belajar alternatif baik dalam pembelajaran kelompok maupun individu. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall, yang memiliki 10 tahap yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, desain produk, ujicoba tahap awal, revisi produk utama, ujicoba lapangan utama, revisi lapangan operasional, ujicoba lapangan operasional, revisi final, dan mengimplementasikan dan mendesiminasikan. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi dan 10 orang tua pada ujicoba tahap awal, lalu 30 orang tua pada ujicoba lapangan utama kemudian 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi dan 80 orang tua pada ujicoba lapangan operasional. Setelah melewati 3 tahap ujicoba produk, hasil penelitian menyatakan bahwa video pembelajaran pola asuh kecerdasan moral anak usia 4-6 tahun efektif dalam menarik motivasi orang tua untuk belajar dan membantu orang tua meningkatkan pengetahuan mengenai pola asuh kecerdasan moral anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015