Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol. 2 No. 2 (2017): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMP PGRI PAMANUKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD: Pembelajaran kooperatif tipe STAD: Pemahaman Matematika

Ika Sriyanti (STKIP Subang)
R. Poppy Yaniawati (Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Sekolah SMP PGRI Pamanukan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas VIII SMP PGRI Pamanukan dengan Materi Relasi dan fungsi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes formatif setiap siklus dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Pada siklus pertama rerata nilai ulangan harian siswa sebesar 6,02 dan rerata nilai ulangan harian pada siklus kedua sebesar 6,81 sedangkan rerata nilai di siklus ketiga sebesar 8,03. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematika hingga memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journals is an international journal, publishing original refereed articles on all aspects of mathematics education. Papers should address the central issues in terms which are of relevance across educational systems and informed by wider thinking in the field. The journal has three sections, ...