Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 5, No 3 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Ratna Widianti Utami (Unknown)
Bakti Toni Endaryono (Unknown)
Tjipto Djuhartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2018

Abstract

ABSTRAKSekolah dasar harus menjadi pondasi yang kuat untuk mencapai jenjang pendidikan lebih tinggi hal ini tidak lah lepas dari awal jenjang pendidikan yang dimulai sejak dari PAUD dan TK karena merupakan jenjang pendidikan untuk memulai pembentukan karakter anak. Salah satu mata pelajaran yang di berikan di setiap jenjang pendidikan adalah Matematika. Matematika merupakan salah satu ilmu yang memiliki peranan penting dalam membentuk pola pikir peserta didik, karena dalam matematika peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis serta kemampuan pemecahan masalah. Berbagai upaya telah dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami mata pelajaran matematika. Akan tetapi hasil yang diharapkan masih kurang maksimal bahkan proses belajar dan mengajar menjadi tidak menyenangkan dan cenderung membosankan bagi peserta didik. Salah satu masalah matematika yang sering ditemukan yaitu kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita.  Padahal soal cerita merupakan bentuk evaluasi kemampuan peserta didik dalam memahami konsep dasar matematika yang telah dipelajari, berupa soal penerapan rumus..

Copyrights © 2018