Remedial Teaching adalah bantuan yang diberikan guru untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa guna mencapai suatu situasi yang memungkinkan siswa mampu mengembangkan dirinya seoptimal mungkin sehingga memenuhi kriteria prestasi belajar yang diharapkan. Berhasil tidaknya guru melakukan remedial teaching dapat diukur berapa besar pengaruh positif hasil belajar dari pelaksanaanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh program “remedial teaching” terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas III SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh yang mengikuti program remedial teaching, masing-masing: 49 siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia; 56 orang Bahasa Inggris; dan 65 orang Matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Data diolah secara statistik dengan analisis kuantitatif; “Uji Beda” untuk melihat pengaruh remedial teaching terhadap prestasi belajar siswa setelah dilakukan remedial teaching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program remedial teaching berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Kata kunci: Pengaruh remedial teaching, prestasi belajar Remedial Teaching is the assistance provided by the teacher to address the learning difficulties experienced by students in order to achieve a situation where students are able to develop themselves optimally so that it meets the criteria of academic achievement expected. Success of the teachers do remedial teaching can be measured how much positive influence on learning outcomes of its implementation. The purpose of this study to determine the effect of the "remedial teaching" on student achievement. The study population was all the third grade students of SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh following the remedial teaching program, each: 49 students Indonesian Language; 56 people English, and Math 65 people. This study uses descriptive quantitative data collection technique is documentation. The data were statistically processed with quantitative analysis; "Different Test" to see the impact of remedial teaching on student achievement after remedial teaching. The results showed that the remedial teaching program has a positive and significant impact on student achievement SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Keywords: Effect of remedial teaching, learning achievement
Copyrights © 2007