JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Vol 5 No 1 (2017): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN TIPE JIGSAW TERHADAP PEMBENTUKAN KEPEMIMPINAN DIRI SISWA

Muchamad Ishak (STKIP Pasundan Cimahi)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran STAD dan Jigsaw memberikan pengaruh terhadap pembentukan kepemimpinan diri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang terdiri dari 2 variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe Jigsaw, dan 1 variabel terikat yaitu kepemimpinan diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Cimahi yang berjumlah 315 orang, sampel diambil sebanyak 36 orang dari kelas X RPL B. Pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling menggunakan teknik cluster sampling. Pengumpulan datanya dilakukan melalui angket. Analisis instrumen yang dilakukan pada tes yaitu validitas isi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu diolah dan dianalisis menggunakan SPSS Serie 16 dengan tahapan: Uji Keseimbangan, Uji Normalitas (Kolmogorov-Smirnov), Uji Homogenitas (Lavene statistic), Analisis uji-t (One-Sample Test). Dari data analisis disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepemimpinan diri siswa yang lebih baik dibanding model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Kata Kunci : STAD, Jigsaw, dan Kepemimpinan Diri Siswa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

judika

Publisher

Subject

Education

Description

JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Universitas Singaperbangsa Karawang. Konten jurnal meliputi tulisan hasil penelitian atau kajian teoretis pada bidang pendidikan secara umum. Jurnal ini terbit dua kali setahun. ...