Penguasaan kedwibahasaan menjadi ciri khas masyarakat Indonesia, misalnya menguasai bahasa Sunda (B1) dan Bahasa Indonesia (B2). Kedua bahasa ini pun menjadi materi ajar di sekolah. Dengan latar belakang tersebut, muncul permasalahan, perlu adanya pengukuran penguasaan kosakata kedwibahasaan siswa. Sejauhmanakah penguasaan kosakata kedwibahasaan antara bahasa Sunda dan bahasa Indonesia dalam ragam tulis? Adapun tujuannya ingin mendeskripsikan penguasaan kosakata kedwibahasaan antara bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia dalam ragam tulis, perbandingan penguasaan dan gejala interfernsi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dan metode komparatif.Hasil analisis membuktikan bahwa penguasaan bahasa Sunda dan bahasa Indonesia siswa dalam ragam tulis meliputi penguasaan bentuk kata antara bahasa Sunda dan bahasa Indonesia seimbang, penguasaan jenis kata berdasarkan kata dasar siswa lebih menguasai kosakata bahasa Indonesia, penguasaan jenis kata berdasarkan kata berimbuhan siswa lebih menguasai kosakata bahasa Sunda, penguasaan jenis kata berdasarkan kata ulang siswa seimbang. Dan penguasaan jenis kata berdasarkan kata majemuk siswa lebih menguasai kata majemuk bahasa Sunda.Kata Kunci: kedwibahasaan, kosakata, bahasa Sunda, dan bahasa Indonesia
Copyrights © 2014