Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Vol 3, No 2 (2018): December 2018

Teknik Restrukturisasi Kognitif dan Problem Based Coping Untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa: Studi Komparatif

Aminullah Aminullah (Universitas Negeri Malang)
M. Ramli (Universitas Negeri Malang)
Nur Hidayah (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2018

Abstract

Abstract: In adolescence, adolescent to by dozens feel confronted many by change and demand quickly causing they experience of academic stress. Handling technique to overcome and reducing academic stress which selected is restructuring cognitive technique and problem based coping. Target of this research is to know do there is difference of restructuring cognitive technique and problem based coping to reduce academic stress student. Statistical analysis the used is wilcoxon signed ranks test advised of that restructuring cognitive technique and problem based coping both of the same effective to reduce academic stress student. But after analysed to use mann-whitney u-test obtained by result of that there is difference of restructuring cognitive technique and problem based coping in reduce academic stress student. Abstrak: Di masa remaja, tidak sedikit remaja merasa banyak dihadapkan oleh tuntutan dan perubahan cepat yang menyebabkan mereka mengalami stres akademik. Teknik penanganan untuk mengatasi dan mereduksi stres akademik yang dipilih adalah teknik restrukturisasi kognitif dan problem based coping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan teknik restrukturisasi kognitif dan problem based coping untuk menurunkan stres akademik siswa. Analisis statistik nonparametrik yang digunakan adalah wilcoxon signed ranks test menunjukkan bahwa teknik restrukturisasi kognitif dan problem based coping sama-sama efektif untuk menurunkan stres akademik siswa. Namun setelah dianalisis menggunakan mann-whitney u-test diperoleh hasil bahwa ada perbedaan teknik restrukturisasi kognitif dan problem based coping dalam menurunkan stres akademik siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jktpk

Publisher

Subject

Education

Description

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, ISSN 2549-7774 (online), ISSN 2548-6683 (print), is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is published by Fakultas Ilmu Pendidikan ...