Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 13, No 1 (2018): Februari

Efektivitas Pembelajaran Fluida Statis Menggunakan Metode Tutor Sebaya

Payu, Citron S. ( Universitas Negeri Gorontalo)
Hayunida, Ode ( Universitas Negeri Gorontalo)
Umar, Masri Kudrat ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pembelajaran fluida statis dan untuk mengetahui metode Tutor Sebaya efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi fluida statis tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada seluruh peserta didik kelas X1 IPA 3 SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan Pre-eksperimental Design bentuk One-Shot Case Study. Instrument yang digunakan yaitu lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Data instrument dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji one sample t-test. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t-test pada taraf α = 0,05 , thitung = 2,441 > ttabel = 1,708 sehingga hipotesis (H0) ditolak dan  hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka disimpulkan bahwa metode Tutor Sebaya efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi fluida statis karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...