Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya keefektifan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknologi  Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) 1 SMK Negeri 1 Limboto pada materi konsep mol. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas X Teknologi  Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) 1 SMK Negeri 1 Limboto yang berjumlah 25 siswa, dengan menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Designs dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “One-Group Pretes-Posttest Design”. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk essai yang terdiri dari 5 butir soal dan diperoleh nilai rata seluruh siswa sebesar 82,24 dengan frekuensi 18 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas. Hasil analisis nilai gain yang dinormalisasi, <g>, menunjukkan bahwa efektivitas metode pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknologi  Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP)  1 SMK Negeri 1 Limboto pada materi konsep mol sebesar 0,76.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017