Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 12, No 2 (2017): Agustus

Efektivitas Metode Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) 1 SMK Negeri 1 Limboto pada Materi Konsep Mol

Yowan, Yowan ( Universitas Negeri Gorontalo)
Mohamad, Erni ( Universitas Negeri Gorontalo)
Botutihe, Deasy N. ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya keefektifan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknologi  Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) 1 SMK Negeri 1 Limboto pada materi konsep mol. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas X Teknologi  Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) 1 SMK Negeri 1 Limboto yang berjumlah 25 siswa, dengan menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Designs dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “One-Group Pretes-Posttest Design”. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk essai yang terdiri dari 5 butir soal dan diperoleh nilai rata seluruh siswa sebesar 82,24 dengan frekuensi 18 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas. Hasil analisis nilai gain yang dinormalisasi, <g>, menunjukkan bahwa efektivitas metode pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknologi  Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP)  1 SMK Negeri 1 Limboto pada materi konsep mol sebesar 0,76.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...