Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 12, No 1 (2017): Februari

Analisis Kemampuan Pemahaman Siswa pada Konsep Larutan Penyangga Menggunakan Three Tier Multiple Choice Tes

Maksum, M. Junaidi ( Jurusan Kimia, Universitas Negeri Gorontalo)
Sihaloho, Mangara ( Universitas Negeri Gorontalo)
Kilo, Akram La ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman dan kesalahan pemahaman (miskonsepsi) siswa pada konsep larutan penyangga di kelas XII SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA yang berjumlah 137 siswa. Sampel sejumlah 54 siswa (siswa kelas XII IPA 4 dan XII IPA 5) dimana pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dengan tipe purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Penelitian ini bersifat dekriptif kualitatif sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah three tier multiple choice test untuk mengidentifikasi kemampuan pemahaman serta miskonsepsi pada siswa dalam konsep larutan penyangga. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kategori kemampuan pemahaman siswa pada konsep larutan penyangga adalah 31,58% paham konsep, 20,37% tidak paham konsep, 48,05% miskonsepsi. Tipe-tipe miskonsepsi tersebut terdiri dari 11,93% kesalahan positif, 13,99% kesalahan negatif, 22,12% miskonsepsi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...