Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi POGIL terhadap reduksi miskonsepsi siswa pada konsep redoks di SMA Negeri 1 Tapa. Sampel penelitian berjumlah 45 orang yang terdiri atas siswa kelas X. Uji miskonsepsi siswa dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda tiga tingkat (three-tier diagnostic test). Siswa yang teridentifikasi mengalami miskonsepsi dibagi menjadi tiga kategori, yaitu miskonsepsi 1 (MK 1), miskonsepsi 2 (MK 2), miskonsepsi 3 (MK 3), Desain penelitian menggunakan One Group Pretest Posttets Design. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi dan tes penguasaan konsep. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan inferensial. Hasil penelitian yang didapatkan, adalah hasil uji wilcoxon signed rank test untuk ketiga kelas secara individual berada pada nilai p-value 0,005; 0,005; dan 0,003 dan secara klasikal berada pada nilai p-value 0,001; 0,001; dan 0,001 dengan kriteria p-value<0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi POGIL terhadap reduksi miskonsepsi siswa pada konsep redoks di SMA Negeri 1 Tapa. Reduksi miskonsepsi yang dilakukan dengan menggunakan pembelajaran remediasi dengan strategi POGIL belum berhasil mereduksi miskonsepsi secara total.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018