Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 13, No 1 (2018): Februari

Studi Komparasi Kemampuan Pemahaman Konseptual, Algoritmik, dan Grafis Mahasiswa Jurusan Kimia pada Materi Asam Basa

Hikaya, Nur’ain ( Prodi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Lukum, Astin ( Universitas Negeri Gorontalo)
Botutihe, Deasy N. ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konseptual, algoritmik, dan grafis mahasiswa jurusan kimia pada materi asam-basa. Sampel penelitian adalah mahasiswa jurusan kimia berjumlah 42 orang, dengan mengunakan jenis penelitian komparatif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain penelitian komparatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 12 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konseptual, algoritmik, dan grafis. Pengujian hipotesis data pada hasil penelitian diuji menggunakan uji analisis varians satu arah (one way anova) dan uji lanjut uji-tukey. Berdasarkan kriteria pengujian tolak H0 jika Fhitung ³ Ftabel pada taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis data diperoleh Fhitung = 14,30 dan Ftabel = 3,07 atau Fhitung > Ftabel, maka H1 diterima. Disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konseptual, algoritmik, dan grafis mahasiswa jurusan kimia pada materi asam-basa. Kemampuan pemahaman yang paling tinggi yaitu konseptual, kemudian algoritmik, dan grafis rendah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...