Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 11, No 2 (2016): Agustus

Kemampuan Pemahaman Konseptual dan Algoritmik Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Larutan Penyangga

Hariani, Wa ( Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Laliyo, Lukman A.R. ( Universitas Negeri Gorontalo)
Musa, Weny J.A. ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konseptual algoritmik siswa dalam menyelesaikan soal-soal larutan penyangga. Data yang digunakan penguasaan konsep lrutan penyangga melalui tes essay sebanyak 10 soal, yang terdistribusi 5 soal tes pemahaman konseptual dan 5 soal pemahaman algoritmik. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA, yaitu Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Telaga dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Limboto. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, diperoleh sampel dari setiap sekolah berjumlah 41 siswa, jadi total keseluruhan sampel berjumlah 82 siswa Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa: kemampuan pemahaman konseptual dan algoritmik siswa dalam menyelesaikan soal-soal larutan penyangga dalam kategori sangat rendah (3,902% dan 39,266%).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...