Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konseptual algoritmik siswa dalam menyelesaikan soal-soal larutan penyangga. Data yang digunakan penguasaan konsep lrutan penyangga melalui tes essay sebanyak 10 soal, yang terdistribusi 5 soal tes pemahaman konseptual dan 5 soal pemahaman algoritmik. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA, yaitu Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Telaga dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Limboto. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, diperoleh sampel dari setiap sekolah berjumlah 41 siswa, jadi total keseluruhan sampel berjumlah 82 siswa Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa: kemampuan pemahaman konseptual dan algoritmik siswa dalam menyelesaikan soal-soal larutan penyangga dalam kategori sangat rendah (3,902% dan 39,266%).
Copyrights © 2016