Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian ini adalah penelitian korelasional dan penelitian ex post facto. Sampel penelitian adalah siswa kelas Va dan Vb berjumlah 38 orang. Data motivasi berprestasi siswa dikumpulkan menggunakan kuesioner, sedangkan nilai hasil belajar siswa diperoleh dari akumulasi nilai siswa pada semester II Tahun Pelajaran 2015-2016. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui nilai koefisien 0,460 dan uji keberartian uji t diperoleh harga thitung(3,108) > harga ttabel  (2,024) untuk taraf kesalahan α= 0,05 dan dk (n-2). Tingkat signifikasinya sesuai koefisien determinasi sebesar 21,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 8 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017