Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 12, No 1 (2017): Februari

Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Di SDN 8 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango

Abdullah, Gamar ( Program Studi PGSD, Universitas Negeri Gorontalo)
Qomaria, Siti ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian ini adalah penelitian korelasional dan penelitian ex post facto. Sampel penelitian adalah siswa kelas Va dan Vb berjumlah 38 orang. Data motivasi berprestasi siswa dikumpulkan menggunakan kuesioner, sedangkan nilai hasil belajar siswa diperoleh dari akumulasi nilai siswa pada semester II Tahun Pelajaran 2015-2016. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui nilai koefisien 0,460 dan uji keberartian uji t diperoleh harga thitung(3,108) > harga ttabel  (2,024) untuk taraf kesalahan α= 0,05 dan dk (n-2). Tingkat signifikasinya sesuai koefisien determinasi sebesar 21,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 8 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...