Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 11, No 2 (2016): Agustus

Penggunaan Media Edu-Game Berbasis Ular Tangga Fisika dalam Pembelajaran Materi Gelombang pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo

Asnan, Wa Ode Fatma Nur ( Jurusan Fisika, Universitas Negeri Gorontalo)
Umar, Masri Kudrat ( Jurusan Fisika, Universitas Negeri Gorontalo)
Payu, Citron S. ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media edu-game berbasis ular tangga Fisika dalam materi gelombang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitan deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh untuk lembar observasi aktivitas  guru pada pertemuan I persentase aktivitas guru tercapai 95.2 %, pertemuan II tercapai 97.6 %, dan pertemuan III tercapai 98.8 %, sedangkan persentase aktivitas peserta didik pada pertemuan I tercapai 94.2 %, pertemuan II tercapai 96.8 %, dan pertemuan III tercapai 98 %. Angket minat peserta didik untuk indikator perasaan senang diperoleh rata-rata persentase 97.4 %, indikator perhatian diperoleh persentase rata-rata 94 %, indikator ketertarikan diperoleh rata-rata persentase 93.4 %, dan indikator keterlibatan peserta didik dalam belajar  diperoleh  rata-rata persentase 96 %. Hasil belajar peserta didik  pada materi gelombang setelah diajarkan menggunakan media  edu-game berbasis ular tangga Fisika dapat dilihat bahwa dari 30 orang peserta didik, 29 orang yang memenuhi KKM dan 1 orang yang tidak memenuhi KKM. Oleh karena itu, penggunaan media edu-game berbasis ular tangga Fisika pada pembelajaran materi gelombang pada peserta didik kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Gorontalo sudah maksimal atau sangat baik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...