Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 11, No 2 (2016): Agustus

Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Hubungan Konfigurasi Elektron dengan Sistem Periodik Unsur

Rahman, Sapriyaty ( Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Ischak, Netty Ino ( Universitas Negeri Gorontalo)
Sihaloho, Mangara ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam memahami hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik unsur melalui two tier multiple choice test, metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengambil subjek penelitian pada siswa kelas XI IPA1, IPA2, IPA3, dan XII IPA3 Telaga Biru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar jawaban siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesulitan siswa sangat tinggi, pada konsep menentukan letak unsur pada Sistem Periodik unsur berdasarkan konfigurasi elektron terdapat 50,60% menentukan konfigurasi elektron berdasarkan letak unsur dalam sistem periodik unsur terdapat 62,77%, menganalisis konfigurasi elektron dari suatu ion berdasarkan letak unsur dalam Sistem periodik unsur terdapat 90,96% menganalisis persamaan konfigurasi elektron dari suatu ion/unsur terdapat 80,86%, secara keseluruhan atau rata-rata total siswa yang mengalami kesulitan sebesar 71,12%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...