Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 13, No 2 (2018): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predictobserve-Explain) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga Siswa SMA Negeri 1 Gorontalo

Nurkhaliq, Nurkhaliq ( Prodi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Bialangi, Nurhayati ( Universitas Negeri Gorontalo)
Salimi, Yuszda K. ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (PredictObserve-Explain) terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 siswa yaitu sebanyak 25 siswa pada kelas eksperimen dan 25 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran POE (Predict-ObserveExplain) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes pemahaman konsep materi larutan penyangga yang terdiri dari 14 soal pilihan ganda beralasan. Tes tersebut digunakan untuk mengevaluasi kemampuan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest untuk kelas eksperimen = 44,57 dan posttest = 90,14. Sedangkan skor rata-rata pretest untuk kelas kontrol = 51,71 dan posttest = 79,57. Hal ini dapat dilihat bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran Predict Observe Explain sebesar 45,57. Sedangkan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan model konvensional sebesar 27,86. Berdasarkan perhitungan atau uji statistik diperoleh harga thitung = 14,094 untuk taraf signifikansi (α) 5% (0,05) dengan dk = (n1 + n2 – 2) = 25 + 25 – 2 = 48, nilai ttabel yaitu sebesar 1,677. Dengan demikian nilai thitung 14,094  >1,677 ttabel, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...