JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

PROSES BERPIKIR SISWA TUNANETRA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI GEOMETRI

Nabilah, Hullatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2017

Abstract

Dalam proses memperoleh pengetahuan, siswa tunanetra mengalamiproses berpikir. Siswa tunanetra dalam penelitian ini yang mengalamigangguan penglihatan tidak dapat dibantu dengan alat optik apapun.Ketika siswa memecahkan masalah, akan terjadi kondisi tidak setimbang(disequilibrium) antara pengetahuan yang sudah ada dan pengetahuanyang diterima. Untuk mencapai kesetimbangan (equilibrium) antarasiswa dengan lingkungan, maka siswa akan mengalami proses asimilasidan akomodasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanproses berpikir siswa tunanetra dalam memecahkan masalah matematikamateri geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif denganmenggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan padatahun ajaran 2014/2015 di SMPLB YPAB A Surabaya kelas IX.Penentuan subjek dilakukan dengan melakukan wawancara kepada gurumatematika dengan ketentuan siswa tunanetra buta total yang memilikikemampuan komunikasi baik. Uji kredibilitas dalam penelitian inimenggunakan pantas/kaya(rich) yaitu deskripsi tebal yang dapatdigunakan untuk membuat keputusan dalam hal transferabilitas karenapeneliti menjelaskan dengan detail partisipan atau setting studinya.Kata Kunci: Proses Berpikir, Siswa Tunanetra, Memecahkan Masalah Matematika, Geometri

Copyrights © 2015