Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada kurikulum 2013 yangmenekankan pentingnya keseimbangan kopetensi sikap, pengetahuan danketerampilan, kemampuan matematika yang dituntut dibentuk melaluipembelajaran berkelanjutan dimulai dengan meningkatkan pengetahuantentang metode-metode matematika, dilanjutkan dengan keterampilanmenyajikan suatu permasalahan secara matematis dan menyelesaikan, danbermuara pada pembentukan sikap jujur, kritis, kreatif, teliti dan taataturan. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruhpositif dan signifikan antara sikap siswa pada matematika terhadap hasilbelajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto,pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angketdan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket danlembar nilai hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan, ada pengaruhpositif dan signifikan antara sikap siswa pada matematika terhadap hasilbelajar matematika sebesar 0,475 dan tergolong cukup tinggi dengankoefisien determinasi 0,2256, sehingga dapat dikatakan sikap siswa padamatematika berpengaruh 22,56% terhadap hasil belajar matematika, dan77,44% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci: sikap siswa pada matematika, hasil belajar matematika
Copyrights © 2015