Dalam pelajaran matematika tingkat keaktifan bertanya siswa dapatmemberi gambaran tentang kemampuan siswa dalam menyelesaikan soalmatematika yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini untukmendiskripsikan Profil kemampuan siswa dalam menyelesaikan soalmateri bilangan bulat berdasarkan keaktifan bertanya dalam prosesbelajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptifdengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri1 Candi kelas VII Tahun pelajaran 2014/2015. Peneliti memilih empatsubjek yang akan diteliti dengan ketentuan dua subjek yang memilikitingkat keaktifan bertanya tinggi dan dua subjek dengan tingkat keaktifanbertanya rendah. Dalam penentuan subjek peneliti melakukan observasidengan mencatat jumlah pertanyaan dari siswa yang berhubungan denganmateri bilangan bulat selama proses belajar. Dari subjek yang ada penelitimelakukan wawancara. Peneliti berkooodinasi dengan guru matapelajaran memberikan soal ulangan harian. Analisi data dalam penelitianini meliputi : mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Profilkemampuan siswa dalam menyelesaikan soal materi bilangan bulatberdasarkan keaktifan bertanya dalam proses belajar yaitu, dua subjekdengan keaktifan bertanya tinggi memiliki kemampuan menyelesaikanmasalah matematika baik. Dua subjek dengan keaktifan bertanya rendahsatu subjek memiliki kemampuan menyelesaikan soal baik dan satusubjek lain memiliki kemampuan menyelesaikan soal kurang baik. Kata Kunci : kemampuan siswa, menyelesaikan masalah matematika,keaktifan bertanya, proses belajar
Copyrights © 2015