JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

PROFIL KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-C SMP NEGERI 2 WONOAYU TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN MASALAH POLYA

Hariyanto, Bella Agustin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2017

Abstract

Pemahaman tentang manfaat matematika dalam kehidupan sangatberperan penting untuk memotivasi siswa mempelajari matematika.Pembelajaran awal matematika lebih tepat jika memanfaatkan lingkunganyang dekat dengan kehidupan siswa. Masalah kontekstual merupakanmasalah yang dibuat dengan memperhatikan suasana lingkungan sekitarsiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untukmendeskripsikan profil kemampuan matematika siswa kelas VIII-C SMPNEGERI 2 Wonoayu tahun pelajaran 2014/2015 dalam memecahkanmasalah kontekstual berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalahPolya menggunakan tes tulis dan angket. Berdasarkan hasil analisis datayang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahamimasalah, merencanakan penyelesaian, melakukan rencana penyelesaiandan melihat kembali penyelesaian siswa kelas VIII-C SMP NEGERI 2Wonoayu tahun pelajaran 2014/2015 berkemampuan matematika tinggitermasuk kategori baik. Kemampuan memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melakukan rencana penyelesaian untuk siswa berkemampuan matematika sedang termasuk baik, sedangkankemampuan melihat kembali penyelesaian termasuk kategori cukup.Untuk siswa berkemampuan matematika rendah dalam memahamimasalah dan merencanakan penyelesaian termasuk baik, sedangkankemampuan melakukan rencana penyelesaian dan melihat kembalipenyelesaian termasuk dalam kategori cukup.Kata kunci: Profil Kemampuan Memecahkan Masalah, MasalahKontekstual, Tingkat Kemampuan Matematika.

Copyrights © 2015