Banyak siswa yang kurang aktif dan kurang memahami konsep pembelajaran matematika. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dapat mengatasi masalah yang terjadi di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pemberian tugas terstruktur dan tidak terstruktur pada materi Aljabar kelas VIII MTs YPM 2 Sariogo tahun pelajaran 2014-2015. Metode Pemberian tugas terstruktur di terapkan di kelas VIII M2 sedangkan Metode pemberian tugas tidak terstruktur di terapkan di kelas VIII M1. Pengujian nilai Uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS dengan melihat nilai Sig. Untuk normalitas kelas VIII M2, nilai Asymp. Sig. (2-tailed) =0,515>0,05, sedangkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed)=0,907>0,05 untuk kelas VIII M1 maka kedua kelas berdistribusi normal. Untuk homogenitas didapat nilai Sig. = 0,547 >0,05, maka varians kedua kelas relatif sama (homogen). Sedangkan untuk uji hipotesis diperoleh nilai Sig. = 0,000
Copyrights © 2014