Peranan pemasaran dalam perekonomian merupakan hal yang sangat penting diperhatikan oleh setiap orang yang mempelajari ilmu pemasaran. Pada awal sejarah bahwa pemasaran dilakukan dengan cara pertukaran dan terus berkembang menjadi perekonomian dengan menggunakan uang sampai dengan pemasaran yang modern. Dengan demikian akan digunakan uang sebagai alat tukar atau sebagai alat perantara. Orang yang melakukan kegiatan menyampaikan barang dan jasa itu telah melakukan kegiatan pemasaran. Pemasaran adalah proses sosial yang dengan proses itu individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain. Dalam ilmu pemasaran kita juga perlu memperhatikan pemasaran word of mouth dan lingkungan pemasaran. Kata Kunci : Sistem Pemasaran, Falsafah Pemasaran, Konsep Pemasaran, Lingkungan Pemasaran, Word of Mouth
Copyrights © 2010