Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial

Elfrida Ardhiyanti (Universitas Kristen Satya Wacana)
Sutriyono Sutriyono (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Fika Widya Pratama (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
04 May 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial. Kemampuan penalaran dapat diidentifikasi dengan menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial yang dibuat berdasarkan indikator penalaran dalam penelitian yaitu (1) mengajukan dugaan, (2) melakukan manipulasi, (3) menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan dan (4) menarik kesimpulan atas semua pernyataan. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 siswa berkemampuan matematika rendah kelas VIII di SMP Negeri 7 Salatiga tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi, metode tes dan wawancara dengan melalui 3 langkah analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa berkemampuan matematika tinggi dapat memenuhi indikator untuk mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi saja. Siswa berkemampuan matematika sedang dapat memenuhi keempat indikator. Sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah tidak dapat memenuhi keempat indikator. Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan bagi guru tentang kemampuan penalaran matematika siswa SMP dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial dan bagi siswa untuk lebih dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...