Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 1, No 3 (2013): Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas V SDN 2 Dolonga

Sampede, Ainun (Unknown)
Jamhari, Mohammad (Unknown)
Kade, Amiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata  pelajaran SAINS kelas V SDN Dolong A melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil analisis data guru dan siswa, dan analisis tes tindakan hasil belajar siswa. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 2 Dolong A. Prosedur pelaksanaan tindakan meliputi: (1) Perencanaa, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian siklus 1 dengan  presentase ketuntasan belajar klasikal 60% kategori kurang, hingga perlu dilakukan siklus II dengan hasil persentase ketuntasan belajar klasikal 86.66% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang didapatkan disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meingkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SAINS Kelas V SDN 2 Dolong A.Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Stad; Hasil Belajar

Copyrights © 2013