Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dikelas IV SD Inpres 02 Pongian Kecamatan Bunta. Permasalahan dalam penelitian ini apakah dalam pemberian tugas secara terstuktur dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa IV SD Inpres 02 Pongian Kecamatan Bunta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Inpres 02 Pongian Kecamatan Bunta khususnya pada siswa kelas IV. Yang berjumlah 19 orang siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yaitu secara kualitatif dan secara kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari observasi awal, siklus I, dan siklus II. Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelakasanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasial belajar pada mata pelajaran IPS melalui upaya pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres 02 Pongian Kecamatan Bunta. Peningkatan dalam penelitian ini cukup berarti yakni dari rata-rata hasil kegiatan seluruh siswa yang tuntas ada 10 orang yakni mupunyai nilai 52,6% dengan skor perolehan 20 pada siklus I, dan siklus II, siklus I siswa yang tuntas ada13 orang nilai presentase 68,42% dan pada siklus II siswa yang berhasil ada 18 orang mempunyai nilai 94,7%. Sementara untuk observasi kegiatan guru pada observasi awal memiliki nilai sanagat baik dan baik 68,1% dan nilai cukup dan kurang 31,8%, pada siklus I nilai sangat baik dan baik 77,3% dan nilai cukup dan kurang 22,7%, dan pada siklus II untuk nilai sanagt baik dan baik mumpunyai nilai 95,5% dan untuk nilai cukup dan kurang mempunyai nilai 45,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya pembelajaran terstrukrtur dengan pemberian tugas dalam meningkatkan prestasi belajara IPS pada siswa kelas IV SD Inpres 02 Pongian Kecamatan Bunta telah meningkat. Kata kunci: Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017