Dalam generasi internet, setiap mahasiswa sudah mengenal teknologi YouTube. Jika teknologi YouTube yang telah dikenal sehari-hari oleh mahasiswa dimanfaatkan sebagai media dalam pembelajaran maka akan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan YouTube pembelajara aplikasi integral pada geometri. Metode penelitiannya adalah metode penelitian pengembangan. Presedur pengembangan mengikuti prosedur sederhana dari Borg & Gall. Prosedur ini meliputi 5 tahap, yaitu: analisi produk, pengembangan bentuk awal, validasi ahli, ujicoba lapangan terbatas, dan uji coba lapangan utama. Hasil dari penelitian ini adalah YouTube Pembelajaran yang diberi judul Aplikasi Integral pada Geometri. Karakteristik dari YouTube ini adalah: terdiri darii 7 Sub-YouTube, setiap Sub-YouTube mengandung materi sesingkat mungkin tetapi memuat pengertian yang utuh, memuat gambar yang selain informatif juga menarik, penyajian disertai animasi langkah-langkah, mengandung musik yang sesuai dengan suasan belajar, YouTube disajikan ber-Chanel, sehingga YouTube tetap dalam satu kesatuan utuh walaupun You terbagi menjadi beberapa Sub-YouTube. YouTube yang dibuat ini layak telah melalui uji kelayakan dan dinyatakan layak digunakan. YouTube telah memenuhi aspek Style and Organizatio, Creativity sound effect, dan Quality.
Copyrights © 2019