Jurnal Sekolah Dasar
Vol 15, No 2 (2006): Tahun 15, Nomor 2, November 2006

PENERAPAN METODE SAS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI SD

Imam Maliki (UPBJJ Universitas Terbuka (UT) Malang)



Article Info

Publish Date
28 May 2013

Abstract

Metode SAS merupakan gabungan beberapa metode yang dianjurkan penggunaannya dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas rendah, sejak diberlakuan kurikulum 1975. Sebagai gabungan beberapa metode, diharapkan metode SAS berhasil baik jika dilaksanakan guru secara tepat. Kenyataan menunjukkan masih ditemukan anak kelas V SD yang belum mampu membaca dengan lancar. Pelaksanaan metode SAS cenderung mekanistik, kurang melibatkan anak secara mental. Bahan ajar yang menjadi titian berpikir analisis-sintesis suatu kalimat, berubah menjadi bahan tubian mekanis yang hanya menjadi bahan hafalan. Model yang tepat untuk bahan ajar dan bahan tubian metode SAS, yang memberikan peluang pada anak didik terlibat secara mental dalam proses analisis-sintesis kalimat dalam pembelajaran membaca permulaan. 

Copyrights © 2006