Jurnal Sekolah Dasar
Vol 15, No 1 (2006): Tahun 15, Nomor 1, Mei 2006

PENGEMBANGAN MODEL ALAT PENILAIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

- Ruminiati (Staf TU FIK UM)



Article Info

Publish Date
25 May 2013

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosial adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar. Untuk mengetahui keberhasilan anak dalam mata pelajaran tersebut diperlukan penilaian seperti mata pelajaran lainnya. Oleh sebab fungsi mata pelajaran ini bersifat pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, maka penilaiannya pun diarahkan pada tiga ranah tersebut. Pengembangan alat penilaiannya dapat dilakukan dengan model kognitif dan non-kognitif. Penilaian kognitif meliputi tes objektif dan esai, penilaian non-kognitif meliputi domain afektif dan psikomotor. Domain afektif meliputi nilai, sikap, minat, dan perasaan; domain psikomotorik meliputi unjuk kerja. Penilaian dalam Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosial yang menekankan pada soal afektif, kognitif, dan psikomotor dapat digunakan untuk mengukur perubahan tingkah laku siswa secara menyeluruh.

Copyrights © 2006